Sekilas Tentang Algoritma & Pemrograman


Agoritma dan pemrograman….hhhmmmm !

Algoritma merupakan cara menyelesaikan suatu masalah dengan urutan langkah logis. Pemrograman berasal dari kata program, dengan begitu pemrograman merupakan proses untuk membuat program atau program komputer atau software komputer menggunakan bahasa pemrograman. Algoritma dan pemrograman biasanya diajarkan kepada mahasiswa jurusan teknik informatika semeseter 1. Algoritma dan pemrograman penting untuk dipelajari dan merupakan dasar bagi yang ingin menjadi programmer (pembuat program) atau system analyst (orang yang merancang sistem komputer) handal.


Agar komputer dapat berfungsi sesuai keinginan user dibutuhkan sistem komputer. Sistem komputer terdiri dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (manusia). Software dikelompokkan menjadi 3, yaitu: operating system software (program sistem operasi, contoh windows xp, windows vista, linux suse, dll ), programming language software (program bahasa pemrograman, contoh: program turbo pascal, program visual basic, dll) dan aplication program software (program aplikasi, contoh: program microsoft word, excel, dll). Dan dengan mempelajari dan menguasai materi Algoritma dan pemrograman diharapkan dapat memahami prinsip kerja program, dan cara berpikir komputer sehingga dapat melakukan perintah yang diberikan serta dapat menggambarkan secara tertulis logika urutan kerja program dengan algortima (pseudo code), dilengkapi dengan diagram alir (flow chart), dan mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman tertentu.

Program
Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. (Menurut P. Insap Santosa). Kumpulan instruksi atau perintah tersebut biasanya disebut source code.

Algoritma
Kata algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa al-Khowarizmi, ilmuwan persia yang menulis kitab al jabr w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825M. Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, artinya algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat (dari Microsoft Press Computer and Internet Dictionary 1997, 1998).

Pemrograman
Pemrograman adalah proses untuk membuat program menggunakan bahasa pemrograman atau proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Iklan

tulis comment nya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s