Dari BASIC(windows) menuju Gambas(Linux)


BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code) adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi yang secara harfiah memiliki arti “kode instruksi simbolis semua tujuan yang dapat digunakan oleh para pemula.  istilah “Bahasa BASIC” di sini juga bisa diartikan menjadi bahasa untuk pemula, atau dengan kata lain, disebut sebagai bahasa dasar, tapi hal tersebut dirasa kurang tepat, mengingat BASIC dapat juga digunakan oleh para programmer handal sekalipun.

Bahasa BASIC mulai terkenal dan merakyat sejak diperkenalkannya sebuah IDE (Integrated Development Environment) bernama Microsoft Visual Basic yang dirilis oleh microsoft untuk sistem operasinya, dengan Microsoft visual basic kita dapat dengan mudah membuat sebuah program yang berkonsep WIMP (Windows, Icon, Menu dan Pointer) pada sistem operasi microsoft windows, dimana untuk membuat sebuah jendela atau button kita tinggal memanfaatkan objek yang sudah tersedia dan memberikan action . Microsoft Visual Basic juga menjadi sangat populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain seperti koneksi kebasis data, membuat report dan lain-lain.

Dengan kegunaan yang hampir sama GAMBAS diciptakan oleh seorang pria berkewarganegaraan Perancis bernama Benoît Minisini dengan dialek bahasa BASIC, mirip dengan konsep pemprograman yang ada pada microsoft visual basic, GAMBAS juga dapat digunakan untuk membuat program berbasis GUI yang juga berkonsep WIMP,walaupun begitu GAMBAS juga dapat digunakan untuk membuat program berbasis console(text), walaupun memiliki banyak kesamaan secara prinsip GAMBAS berbeda dengan visual basic oleh karena itu program yang dibuat oleh visual basic tidak memiliki kecocokan dengan GAMBAS begitupun sebaliknya. Antar muka program pada GAMBAS dapat dibuat memanfaatkan QT4toolkit dan GTK+Toolkit,walaupun GAMBAS dapat digunakan untuk mengakses basis data seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, dan ODBC, sampai saat ini GAMBAS belum memiliki fasilitas report siap pakai yang dapat digunakan untuk mencetak hasil pemprosesan data. seperti Crystal report yang dapat digunakan pada microsoft visual basic.

GAMBAS merupakan salah satu projek Open Source, jadi tunggu apa lagi ;;)

Tampilan Gambas 2 di Linux Mint 13 (Maya)

Iklan

tulis comment nya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s